Ber Pletok Betawi

Blog Koleksi Oleh-Oleh Dari Cikarang

Ber Pletok di Samikuring

Pernah punya keinginan nitip jual ber pletok di Samikuring. Tapi sampai hari ini lupa terus mau ngomong sama bos Wisnu S. Dewabrata, the owner, yang hobby fotografi itu.

Tapi, tiba-tiba hari ini terlaksana juga jualan ber pletok di sini. Meskipun belum pamit sama beliau Mr. Wisnu.

display ber pletok

Tentu saja tidak masalah, karena saya sedang meramaikan Talk Show: Menjadi Ibu Dambaan Umat yang diselenggarakan oleh para ibu dari Yayasan Sosial dan Da’wah Nurul Ilmi di rumah makan ini pagi ini. ¬†Karena saya nyumbang doorprize selusin buku Haji-ku, maka saya boleh buka satu meja. Tapi kali ini saya gak jualan buku banget, tapi lebih banyak menonjolkan ber pletok, sarung balita dan dompet dannis yang memang merupakan dagangan toko saya MusliMart.

Yang menarik, meskipun ber pletok-ku laku di toko Cimart, di bazar ini cuma laku sekotak. Banyak ibu-ibu yang lihat-lihat saja, tapi emoh beli. Alhamdulillah.

Kata mereka, “Takut mabok!”

Waduh….! Iya juga sih, namanya memang masih bikin orang ngeri menkonsumsinya. Meskipun saya bilang ini halal sambil menunjukkan ingredients-nya:

Jahe, Cabe Jawa,

Mahkota Dewa,

Gula,

Secang, Kayu Manis

dan tumbuhan berkhasiat obat lainnya.

Saya juga menjelaskan bahwa ini adalah minuman tradisional Betawi, seperti halnya minuman tradisional bandrek atau bajigur. Jadi bukan minuman baru. Tapi masih banyak yang geleng kepala karena merasa belum pernah dengar sebelumnya.

Ketika Irfan penjaga Muslimart menyampaikan bahwa minuman ini mirip bandrek, seorang ibu menjawab, “Saya gak bisa membayang-bayangkan. Maunya mencicipi dulu.”

samikuring dg free hotspot-nya

Ya… ya… Ini jadi pelajaran buat saya, bahwa pada bazar tanggal 27 Desember 2009 di Cimart, saya harus menyediakan tester bagi mereka yang ragu-ragu. Agar mereka yakin dan beli untuk keluarga di rumah maupun oleh-oleh khas Cikarang.

Bagi mereka yang tidak ragu-ragu lagi, langsung beli aja, ya…. (ha… ha.. ha…), biar testernya bisa dirasakan oleh para calon pelanggan yang ragu-ragu saja…. (padahal: maksudnya mau ngirit tester :))

Sampai Jumpa dengan Ber Pletok di Bazar Cimart, 27 Desember 2009

Salam

Desember 19, 2009 Posted by | Uncategorized | , , , , , , , , , , , , , | 7 Komentar

Ber Pletok yang LUARRRRR BIASA

Pagi-bagi buka facebook menemukan email ini di inbox saya:

Saparjan Ajan December 15 at 7:35am

Pak choirul, sekedar info, saya adalah orang pertama yang beli ber tersebut, dan untuk kiriman pertama bapak ke cimart, saya juga orang yang membeli bungkus terakhirnya. Memang rasanya LUARRRR BIASA..ūüôā

Tak ada kata yang pantas saya ucapkan kecuali ucapan terima kasih kepada Pak Suparjan yang secara jujur memberikan testimoninya ini.  Alhamdulillah, produk ini telah diterima dengan baik oleh panjenengan.

Pak Parjan memang benar. Pertama kali saya mencicipi ber pletok ini, saya juga terkesiap menikmati rasanya. Apalagi kalau disajikan panas. Meskipun disajikan dingin (dengan es) juga masih segar dan nikmat. Ada pedasnya jahe merah dan cabe jawa, ada merahnya secang, juga manisnya yang pas serta aroma kayu manis. Semuanya berkhasiat bagi kesehatan, ditambah pula dengan khasiat mahkota dewa yang ada di dalam racikan ini. Ya, insya Allah menjadi minuman yang luar biasa persis seperti kata Pak Parjan.

Dengan komposisi seperti itu Ber pletok ini pas disebut sebagai minuman penyegar yang menyehatkan mendampingi gujahe, bandrek, bajigur dan lain-lain.

Jadi, kalau ada minuman penyegar khas Indonesia yang menyegarkan dan menyehatkan, kenapa harus yang lain?

Bagi pembaca yang mau menambah testimoni atau yang lainnya, silakan isi komentar di bawah ini.

Catatan Penting: Terima kasih, Anda telah kembali ke produksi alam Indonesia.

Desember 15, 2009 Posted by | Uncategorized | , , , , , , , , , | 1 Komentar

Mohon Maaf

Saya MOHON MAAF, kalau pagi-pagi hari ini ada pembeli mencari ber pletok di Cimart. Soalnya lot pertama sudah habis.

Tadi sekitar jam 8 malam pegawai Cimart kirim SMS.

“Pak, ber pletok di Cimart habis!”

“Oke, insya Allah besok pagi saya kirim.” jawab saya.

Saya berharap hari ini saya datang lebih pagi daripada pembeli pertama di Cimart yang mencari ber pletok. Biar mereka tidak kecewa.

Salam ber pletok.

Rasakan nikmatnya, dapatkan khasiatnya. Dan yang penting: minuman ini Indonesia banget!

Catatan Penting: Tulisan ini adalah salah satu wujud syukurku, bahwa ber pletok masih diminati teman-teman.

Catatan Tidak Penting: Gak ada.

Desember 14, 2009 Posted by | Uncategorized | , , | Tinggalkan komentar

Ber Pletok ada di Cimart

Makanan khas Indonesia gak ada matinya.
Bahkan selalu diperbarui teknologinya oleh para ahli pangan di Indonesia. Yang paling banyak dan praktis adalah dibuat bubuk instant.

Selain mudah dalam penyajiannya, produk instant memberi kesan bahwa mereka yang mengkonsumsi membuatnya sendiri. Lalu disajikan kepada suami atau istri dan anak-anak. Meskipun sebenarnya tinggal menuangkan air saja ke gelas yang sudah diisi bubuk instant itu.

Setelah bajigur dan bandrek dibuat bubuk instant, kini ber pletok. Sebuah makanan khas Betawi. Betawi yang kini menjadi Jakarta dan menjadi Ibu Kota negara Indonesia tercinta ini, selain punya kerak telor yang banyak dijual di sekolah-sekolah sebenarnya juga punya minuman penyegar yang bernama ber pletok.

Makanan dan minuman tradisional Indonesia dibuat dari berbagai herbal. Maka wajar kalau banyak khasiat di dalamnya. Demikian pula dengan ber pletok.

Tapi sayang, kini jarang yang kenal dengan ber pletok. Syukur alhamdulillah, ada saja pihak-pihak yang mau melestarikan minuman asli Indonesia ini. Dan menjualnya dengan harga yang relatif terjangkau.

Di Cimart harganya hanya di Rp. 11.600,- berisi 10 sachet per dusnya. Kalau dibandingkan dengan khasiatnya gak ada ruginya menjadikan ber pletok sebagai minuman penyegar asli Indonesia selain teh, bajigur maupun bandrek.

Silakan kalau Anda tertarik untuk mencicipinya. Datang aja ke Cimart. Barangnya ada di meja kasir.

Catatan Penting: Meskipun namanya ber, ini gak ada hubungannya dengan bir yang haram itu. Ber pletok dijamin HALAL.

Catatan Tidak Penting: Tulisan ini diposting pagi-pagi buta oleh Choirul Asyhar demi mempromosikan ber pletok dan Cimart

Desember 11, 2009 Posted by | Uncategorized | , , , , , , | Tinggalkan komentar

Kebon Raya Blogger

Siapa yang gak pernah ke Kebun Raya Bogor?
Bagi yang sudah pernah menginjakkan kakinya di Bogor, insya Allah sudah pernah mampir ke kebun laboratorium botani terbesar ini. Bagi yang belum pernah, minimal nama ini sudah tidak asing lagi. Karena sudah pernah baca sejak belajar di SD dulu.

Tapi Kebon Raya Blogger?
Ya, sudah banyak blogger di Indonesia ini, kabarnya sudah nyampe 1 jutaan. Mungkin lebih (minimal sejak kemarin nambah satu blog baru, punya saya ini).

Salah satunya yang menjadi rujukan para blogger adalah komunitas Cikarang yang menamakan dirinya CiMarter.
Cimarter diambil dari nama usaha bersama milik komunitas Mutiara Insan Mandiri yang berupa toko grosir dan retail Cimart. Lalu para anggotanya lebih dikenal dengan Cimarter.

Nah, para Cimarter ini sering mengadakan workshop blogging. Yang pertama pelatihan dilaksanakan bersama kompasiana. Yang kedua mengadakan kursus singkat yang diberi judul Duel Maut Joomla VS Blogger.

Maka kini Cikarang menjadi Kebun Raya Blogger.
Nah kalau Anda sedang mampir ke Cikarang, pantaslah kaos Kebun Raya Blogger ini menjadi salah satu oleh-olehnya.

Kaosnya dapat diperoleh di Muslimart, maupun di NettComm di lantai dua toko Cimart di Ruko Anggrek Cikarang Baru.

Silakan dilihat-lihat dulu…. terus dibeli…

Desember 11, 2009 Posted by | Uncategorized | , , , , , | 2 Komentar

Ber Pletok, Apakah Itu?

“Ber Pletok.”
Bagi anak kemarin sore alias para ABG, pasti mereka gak mudeng dengan makhluk yang satu ini. Disamping itu lucu juga kedengarannya. Gak gaul blas.

Ini nama hewan, makanan atau minuman, atau nama suatu kampung?

Atau minuman alkohol semacam bir-bir yang selama ini bertebaran dari kota sampai kampung. Yang selalu identik dengan mabuk-mabukan dan lalu tawuran?

Ya… pasti banyak pertanyaan. Karena mereka pasti belum kenal atau tak mengenal lagi nama ini. Mungkin Bapak-bapaknya juga gak tahu. Apalagi yang tidak bermukim di Jakarta dan sekitarnya yang dikenal dengan wilayah Jabodetabek.

Ya. Ber Pletok adalah nama minuman khas Betawi. Konon dinamakan Ber Pletok, katanya karena di permukaan atasnya ada busa-busa seperti bir haram itu. Tapi tentu ini tidak haram karena sama sekali gak mengandung bahan memabukkan. Alias khamr. Bahkan menyehatkan karena banyak mengandung herbal berkhasiat.

Lalu kenapa ada embel-embel pletok. Konon katanya karena ditambahkan es batu ke dalam tungku sehingga muncul bunyi “pletok-pletok”. Lalu ketika dituang ke gelas sedikit berbusa kayak bir.

Tapi itu hanya nama…. maka biar beda produk ini diberi judul “ber pletok”. Bukan bir = b-i-r. Tapi b-e-r.

Oke, bagaimana khasiatnya?
Minum ber pletok ini bisa memelihara kesehatan, menghilangkan pegel linu, mengusir angin yang masuk alias masuk angin, menambah stamina dan gairah, serta menghangatkan badan.

Emangnya apa saja yang menjadi ingredients … (weleh bahasa apa ini?). …. Oke, apa saja bahan-bahannya kok bisa sehebat itu?

Bahan-bahannya adalah jahe, cabe jawa, secang, kayu manis, mahkota dewa, gula dan tumbuhan berkhasiat obat lainnya.

Dan khasiat yang lain: TIDAK MEMABUKKAN, serta DIJAMIN HALAL.

Mau coba? Gak usah meracik sendiri. Karena bentuk bubuk instannya sudah di produksi secara masal. Minat? Silakan kontak saya.

Atau beli di Cimart yang ada di Ruko Anggrek Cikarang Baru. Di sana akan ditemui ber pletok dalam kemasan seperti ini:

Bisa juga dibeli di Muslimart yang ada di Ruko Pinangsia, Graha Asri……

Desember 10, 2009 Posted by | Uncategorized | , , , , , , | 1 Komentar