Ber Pletok Betawi

Blog Koleksi Oleh-Oleh Dari Cikarang

Ber Pletok di Samikuring

Pernah punya keinginan nitip jual ber pletok di Samikuring. Tapi sampai hari ini lupa terus mau ngomong sama bos Wisnu S. Dewabrata, the owner, yang hobby fotografi itu.

Tapi, tiba-tiba hari ini terlaksana juga jualan ber pletok di sini. Meskipun belum pamit sama beliau Mr. Wisnu.

display ber pletok

Tentu saja tidak masalah, karena saya sedang meramaikan Talk Show: Menjadi Ibu Dambaan Umat yang diselenggarakan oleh para ibu dari Yayasan Sosial dan Da’wah Nurul Ilmi di rumah makan ini pagi ini.  Karena saya nyumbang doorprize selusin buku Haji-ku, maka saya boleh buka satu meja. Tapi kali ini saya gak jualan buku banget, tapi lebih banyak menonjolkan ber pletok, sarung balita dan dompet dannis yang memang merupakan dagangan toko saya MusliMart.

Yang menarik, meskipun ber pletok-ku laku di toko Cimart, di bazar ini cuma laku sekotak. Banyak ibu-ibu yang lihat-lihat saja, tapi emoh beli. Alhamdulillah.

Kata mereka, “Takut mabok!”

Waduh….! Iya juga sih, namanya memang masih bikin orang ngeri menkonsumsinya. Meskipun saya bilang ini halal sambil menunjukkan ingredients-nya:

Jahe, Cabe Jawa,

Mahkota Dewa,

Gula,

Secang, Kayu Manis

dan tumbuhan berkhasiat obat lainnya.

Saya juga menjelaskan bahwa ini adalah minuman tradisional Betawi, seperti halnya minuman tradisional bandrek atau bajigur. Jadi bukan minuman baru. Tapi masih banyak yang geleng kepala karena merasa belum pernah dengar sebelumnya.

Ketika Irfan penjaga Muslimart menyampaikan bahwa minuman ini mirip bandrek, seorang ibu menjawab, “Saya gak bisa membayang-bayangkan. Maunya mencicipi dulu.”

samikuring dg free hotspot-nya

Ya… ya… Ini jadi pelajaran buat saya, bahwa pada bazar tanggal 27 Desember 2009 di Cimart, saya harus menyediakan tester bagi mereka yang ragu-ragu. Agar mereka yakin dan beli untuk keluarga di rumah maupun oleh-oleh khas Cikarang.

Bagi mereka yang tidak ragu-ragu lagi, langsung beli aja, ya…. (ha… ha.. ha…), biar testernya bisa dirasakan oleh para calon pelanggan yang ragu-ragu saja…. (padahal: maksudnya mau ngirit tester :))

Sampai Jumpa dengan Ber Pletok di Bazar Cimart, 27 Desember 2009

Salam

Desember 19, 2009 - Posted by | Uncategorized | , , , , , , , , , , , , ,

7 Komentar »

  1. salam berkah & sukses pa

    Komentar oleh saungclothes | Januari 5, 2010 | Balas

    • Terima kasih Pak Samsudin… semoga kita semua mendapatkannya.

      Komentar oleh berpletok | Januari 14, 2010 | Balas

  2. Hal baru bagi saya tentang ber pletok. Disebut ber atau bir, prosesnya tentu lewat fermentasi dan mengandung alkohol. Seberapa besar kandungan alkoholnya? Membuat mabukkah ber pletok? Atau setelah minum, kepala terasa ‘pletok-pletok’? Trim-s atas info Saudara.

    Komentar oleh kusfandiari abu nidhat | Januari 14, 2010 | Balas

    • Pak Kusfandiari,
      Meskipun namanya demikian tetapi minuman ini tanpa melalui fermentasi sama sekali. Dan bebas alkohol.
      Karena minuman ini terdiri dari rempah-rempah seperti jahe, cabe jawa, secang, kayumanis dll.

      Asal-usul nama ini juga telah saya tulis di posting pertama blog ini.

      Komentar oleh berpletok | Januari 14, 2010 | Balas

    • Tentang asal-usul nama itu ada di tulisan ini.
      https://berpletok.wordpress.com/2009/12/10/ber-pletok-apakah-itu/

      Terima kasih, Pak, atas kunjungannya.

      Komentar oleh berpletok | Januari 14, 2010 | Balas

  3. klo mau pesan di mana dan gimana cara nya

    Komentar oleh silfia dewi angkasa | Februari 4, 2010 | Balas

    • Bu Silfia, silakan kontak saya di 0878 821 883 55.
      Bu Silfia tinggal di mana?

      Komentar oleh berpletok | Februari 18, 2010 | Balas


Tinggalkan Balasan

